Blog, Situs Wisata

Berwisata ke Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran merupakan destinasi wisata di Jawa Barat yang berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Tempat wisata yang satu ini memiliki jarak sekitar 31 km dari Pangandaran.

Keunikan alam di Gren Canyon ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun. Di sini akan ditemui stalaktit dan stalagmit yang mempesona dan diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan pohon-pohon besar. Semuanya menawarkan panorama alam yang unik dan menantang untuk dijelajahi.

Menuju ke Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran

Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus menyewa perahu dayung dari dermaga Ciseureuh. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km untuk mencapai Green Canyon.

Aktivitas yang bisa dilakukan meliputi panjat tebing, berenang, serta berperahu sambil memancing. Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan dapat menggunakan banyak perahu yang tersedia di dermaga Ciseureuh. Ada pilihan baik perahu eksternal maupun dayung. Objek wisata ini terletak di sebelah objek wisata Batukaras dan Bandara Nusawiru.

Asal Muasal Nama Wisata Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran

Nama Green Canyon dipopulerkan oleh orang Prancis pada tahun 1993. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon sebagai Cukang Taneuh. Sedangkan untuk nama Green Canyon sendiri merupakan hasil dari permainan kata dari nama Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat.

Di sini, warna airnya transparan kehijauan di sungai. Warna hijau berasal dari lumut yang melimpah di sisi tebing, yang membuatnya terkenal dengan nama Green Canyon . Bagi penduduk setempat, Cukang Taneuh memiliki arti jembatan tanah. Nama ini diambil karena di lembah dan jurang Green Canyon ada jembatan dari tanah. Jembatan inilah yang digunakan oleh petani setempat untuk mencapai kebun mereka.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Green Canyon

Green Canyon Pangandaran

Dengan keindahan yang ditawarkan Green Canyon, maka wisatawan bsia puas menghabiskan hari di sini. Jangan lupa untuk membawa kamera saat bepergian karena banyak area menarik yang bisa jadi spot foto terbaik. Di sini pula ada banyak kegiatan wisata yang menarik untuk dicoba, seperti :

Ada tempat untuk berenang

Green Canyon Pangandaran

Di kawasan wisata ini ada berbagai aliran sungai yang memungkinkan pengunjung untuk berenang.  Tentunya akan tersaji air sungai yang sangat jernih sambil menyaksikan ikan berenang.

Ada gua yang menawan

Green Canyon Pangandaran

Untuk mengisi waktu liburan di tempat wisata ini, pengunjung bisa berjalan melewati gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Inilah keseruan lain yang bisa dinikmati. Tentunya, bisa pula diabadikan dalam foto.

Menikmati sensasi naik perahu

Green Canyon Pangandaran

Selama perjalanan di atas perahu, pengunjung juga bisa menikmati deru air yang jatuh di tebing. Inilah sensasi berbeda yang disajikan di Green Canyon. Pada saat itulah pengunjung bisa sekaligus memancing dari atas perahu. Wisata ini cocok bagi yang menyukai ketenangan.

Menikmati tantangan arung jeram

Green Canyon Pangandaran

Rafting adalah salah satu kegiatan favorit bagi wisatawan. Jika mengambil paket wisata ini, pada umumnya pengunjung bisa sekaligus merasakan sensasi berenang, melompat dari tebing dengan

Kuliner di Green Canyon

Green Canyon Pangandaran

Jika tidak membawa bekal makanan maka ada lokasi untuk membeli makanan. Di wisata Green Canyon Pangandaran ada berbagai restoran yang menawarkan makanan khas Sunda. Ada juga beberapa gerobak makanan yang menjual bakso, bubur ayam dan lainnya.


Paket Tour Belitung
Jl. Hayati Mahim No.36, RT.32/RW.13, Pangkal Lalang,
Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414
info@pakettourbelitung.net
(0812) 7436 7473, 081910018255, 081949255430
Line : belitungcantiktravel

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *