Blog, Pulau

Mengenal Lebih Dekat Pesona Pulau Belitung dan Sejarahnya

sejarah pulau belitung

Belitung adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Dulunya, pulau ini dikenal dengan nama Billiton. Lokasinya ada di lepas Pantai Timur Sumatra. Pulau Belitung diapit oleh Selat Gaspar dan selat Karimata, sehingga pesona alam di sana sangat luar biasa indah. Belum lagi sejarah pulau Belitung juga cukup menarik untuk diketahui.

Dalam banyak cerita, disebutkan bahwa Pulau Belitung memiliki sejarah yang panjang. Jadi, bukan hanya pesona alamnya, namun juga pesona sejarah yang bisa jadi daya tarik pulau ini.

Sejarah Pulau Belitung dan Armada Tentara Mongol

sejarah tentara mongol di belitung

Berdasarkan sejarah, diceritakan bahwa dulu armada Mongol terdampar di sebuah pulau yang mereka sebut dengan “Gou Lan”. Kini pulau tersebut disebut dengan nama Belitung. Setelah memperbaiki kapal, mereka berlayar ke Pulau Jawa dan kemudian singgah lagi ke pulau tersebut.

Ada sekitar 100 tentara yang sakit bermukim di pulau tersebut. Itulah sejarah Pulau Belitung yang dikenal masyarakat setempat. Diperkirakan bahwa asal muasal penduduk Belitung ialah keturunan dari tentara Mongol yang tertinggal di pulau tersebut.

Sejarah Kerajaan di Pulau Belitung

Belitung dulunya adalah sebuah pulau dengan kerajaan-kerajaan yang berkembang. Ada beberapa kerajaan yang dikenal masyarakat Belitung. Beberapa di antaranya ialah:

  • Kerajaan Badau => Konon, ini adalah kerajaan pertama di Pulau Belitung. Bangsawan Majapahit dipercaya sebagai perintis dari kerajaan ini dengan nama Datuk Moyang Geresik.
  • Kerajaan Balok => Kyai Ronggo adalah perintis kerajaan Balok. Pelabuhan di kerajaan ini juga berkembang pesat dan menjadi persinggahan kapal-kapal dagang asing.
  • Kerajaan Belantu => Seiring dengan meluasnya pengaruh Islam, turut berkembang pula Kerajaan Belantu. Perintisnya adalah Datuk Ahmad. Keturunan kerajaan ini memiliki gelar Kyai Agus.

Pengaruh Islam di Pulau Belitung

Kerajaan yang ada di Belitung merupakan salah satu contoh pengaruh Islam di pulau tersebut. Di pulau ini ada makam-makam kuno yang dipercaya sebagai makam para pendiri Belitung yang merupakan para ulama. Makam penyebar Islam banyak ditemukan di Belitung dengan nisan yang menyerupai nisan-nisan di Aceh.

Pulau Belitung Dikenal Juga Dengan Timahnya

tambang timah di belitung

Bukan hanya dikenal dengan sejarah dan kerajaannya, Belitung juga dikenal sebagai penghasil timah. Belitung memang kaya akan sumber daya alamnya. Di pulau ini ditemukan tambang Timah yang melimpah.

Untuk pertama kalinya, timah ditambang di sungai Siburik dan juga Air Lesung Batang. Di sinilah penambang mendapatkan timah dan menjadi sumber mata pencaharian penduduk Belitung.

Belitung Masa Kini

belitung masa kini

Terlepas dari sejarah Pulau Belitung yang kental dengan budaya dan adatnya yang khas, kini pulau ini dikenal sebagai tempat wisata. Mulai dari wisatawan domestik hingga manca negara, pulau ini sudah dikenal dunia.

Terlebih dengan adanya karya Andrea Hirata “Laskar Pelangi”, nama pulau Belitung makin mendunia. Tempat-tempat Indah di pulau ini mulai dikenal luas dan semakin ramai oleh wisatawan.

Contohnya saja:

Bukan hanya itu, masih ada lebih banyak tempat wisata menarik di pulau ini. Maka  bagi yang belum mengunjungi pulau penuh cerita dan sejarah ini, sudah sepatutnya mengagendakan untuk mendatanginya.

Cara paling mudah menikmati wisata budaya, kuliner, dan alam di pulau ini ialah dengan memakai paket wisata. Telusuri www.pakettourbelitung.net untuk melihat lebih banyak pilihan paket wisata di pulau ini. Tentunya dengan berbagai macam kemudahan yang didapat, mengunjungi pulau Belitung menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.


Paket Tour Belitung
Jl. Hayati Mahim No.36, RT.32/RW.13, Pangkal Lalang,
Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414
info@pakettourbelitung.net
(0812) 7436 7473, 081910018255, 081949255430
Line : belitungcantiktravel


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *