Blog, Pulau

Berkunjung ke Taman Nasional Komodo dan Melihat Keindahan Pulau di Dalamnya

Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepualuan Nusa Tenggara. Pulau ini dikenal dengan hewan kadal raksasa bernama Komodo. Pulau ini sekaligus menjadi taman nasional yang dikelola oleh pemerintah pusat Indonesia.

Lokasinya ada di sebelah Timur Pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau ini juga termasuk ke dalam pulau ujung paling barat provinsi NTT.

Kadal Raksasa di Pulau Komodo

Pulau Komodo

Di pulau ini, hidup dan berkembang jenis kadal raksasa yang diberi nama komodo. Keberadaannyalah yang membuat pulau ini unik dan menjadi magnet bagi wisatawan seluruh dunia. Pasalnya, hanya di pulau inilah, komodo bisa ditemukan dan dilindungi dengan baik.

Kadal ukuran raksasa ini dilindungi keberadaannya dan terdapat sekitar 1.300 komodo di pulau tersebut. Namun, selain komodo, pulau ini juga menyimpan flora eksotis dari berbagai kayu sepang yang digunakan masyarakat setempat sebagai obat dan bahan pewarna pakaian.

Saking unik dan populernya, pulau ini juga dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kawasan ini termasuk Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.

Pesona Wisata yang Dimiliki

Pulau Komodo

Sesuai namanya, pulau ini adalah pulau yang juga menjadi habitat bagi hewan komodo.  Selain itu, ada banyak sekali pesona yang ditawarkan oleh pulau ini. Ada pantai-pantai pasir putih dan lautan yang jernih. Di tambah lagi biota dalam laut yang tentunya sangat memukai.

Air lautnya sangat jernih dengan sinar matahari menghangatkan pantai. Inilah wisata di negara tropis yang patut dikunjungi saat liburan datang. Lihat berbagai pesona yang ditawarkan oleh pulau ini untuk wisatawan yang datang :

Biota bawah air

Pulau Komodo

Jangan lupa mengunjungi Taman Nasional Komodo. Di sinilah ada keindahan lain, yaitu keindahan bawah laut yang mempesona. Pengunjung dapat menyelam dan menikmati keindahan ratusan spesies terumbu karang, dan rumput laut. Tak cukup sampai di sana, pengunjung bisa pula menemukan puluhan jenis spons, penyu hijau, ribuan spesies ikan, termasuk hiu, pari, paus, dan lumba-lumba.

Keindahan di Zona transisi dari garis Wallacea

Pulau Komodo

Pulau yang terletak di zona transisi garis Wallace ini membuat alamnya sangat indah dan penuh pesona. Daerah ini terbentuk dari pertemuan dua benua, yaitu Asia dan Australia, yang kemudian membentuk deretan pulau dan gunung berapi yang unik.

Karena itu, pulau ini penuh dengan burung dan hewan dari dua benua ini. Ada begitu banyak jenis flora dan fauna yang hidup di Taman Nasional Komodo ini. Di sini ada 254 jenis flora dari Asia dan Australia, 128 spesies burung dan 58 jenis fauna lainnya.

Menghabiskan hari di  Hutan Savanna

Pulau Komodo

Pulau ini menjadi lokasi yang tepat berlibur dengan pesona padang rumput yang luas. Setidaknya luas padang rumput ini mencapai 70% dari total taman nasional. Berbagai jenis rumput tumbuh subur di sana.

Tips Aman dan Panduan Wisata

Pulau Komodo

Sebelum menuju ke pulau tempat hidup komodo ini, maka perhatikan tips dan panduan berwisata yang aman. Di sini banyak binatang langka dan berbahaya. Jadi, pengunjung harus memperhatikan beberapa hal sebelum mulai menjelajah. Beberapa tipsnya adalah :

  • Harus ditemani oleh pemandu saat berada di sana
  • Saat di dekat komodo, jangan melakukan gerakan tiba-tiba dan berteriak
  • Jika tujuannya melihat komodo, maka hindari kunjungan saat sedang menstruasi
  • Jika dikejar oleh komodo, maka jalanlah dengan zigzag dan pergi ke tempat yang lebih tinggi

Itulah hal-hal penting untuk diketahui sebelum mulai berkunjung ke Pulau Komodo. Dengan memperhatikan semua tips tersebut, maka rencana wisata akan tetap aman.


Paket Tour Belitung
Jl. Hayati Mahim No.36, RT.32/RW.13, Pangkal Lalang,
Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414
info@pakettourbelitung.net
(0812) 7436 7473, 081910018255, 081949255430
Line : belitungcantiktravel

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *