Blog, Pantai, Situs Wisata

Sejarah dan Hal Menarik di Pantai Tikus

pantai tikus

Satu lagi wisata alam di Kep Bangka khususnya Sungailiat yang diberi nama Pantai Tikus. Pantai ini terletak di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Kep. Bangka. Selain indah dan masih sunyi pengunjung, pantai ini juga menyimpan banyak sekali jejak sejarah etnis Tionghoa.

Sejarah dari Pantai Tikus

Pantai Tikus dan sejarahnya

Meski dinamai Pantai Tikus bukan berarti ia dihuni oleh banyak tikus ya. Nama  ini diambil dari banyaknya jalan tikus atau jalan pintas yang dibuat oleh penambang emas ilegal di sekitaran pantai. Namun, ini hanya sebatas cerita dari mulut ke mulut saja karena pada kenyataannya tidak ada yang tahu tentang asal-usul Pantai ini.

Hal Menarik Dari Pantai Tikus Sungailiat

Pantai Tikus emas di bangka

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di pantai ini, seperti yang berikut ini:

  • Terbagi menjadi berbagai macam bagian => Pantai Tikus sendiri terbagi menjadi berbagai macam bagian. Hal ini dikarenakan pantai pasir putih ini sangat luas dibandingkan yang lainnya seperti Pantai Matras. Pantai ini juga sering digunakan untuk kegiatan kemah atau objek wisata oleh warga sekitar.
  • Banyak terdapat batu granit => Di sekitaran Pantai ini sendiri terdapat banyak sekali batu granit dengan ukuran cukup besar. Selain itu, pantai ini juga masih memiliki tebing terjal dan pepohonan yang masih asri. Karena masih sepi pengunjung, jadi air di pantai ini juga masih cukup bersih dan jernih.
  • Terdapat Vihara => Satu yang menonjol dari Pantai ini yaitu adanya Vihara yang diberi nama Vihara Puri Tri Agung. Entah sejarah apa yang mendasari berdirinya Vihara ini yang jelas keberadaannya cukup menarik minat pengunjung.
  • Memiliki banyak nama => Selain dikenal dengan nama Pantai Tikus, ia juga sering disebut dengan nama Pantai Cinta. Selain pantai cinta masih ada sebutan lain untuk pantai ini seperti pantai Pantai Akasia dan Pantai Vihara. Namun banyak orang yang lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Tikus dan Pantai Vihara.

Di Pantai vihara ini, Ada banyak aktivias seru yang bisa dilakukan seperti halnya seperti halnya menjajal wahana flying fox, bermain banana boat, jet ski dan lain sebagainya. Pilih sendiri aktivitas mana yang disukai.

Fasilitas yang Tersedia Di Pantai Tikus Sungailiat

pantai tikus dan fasilitasnya

Pantai vihara sebutan lainnya memang tergolong masih sepi dari pengunjung, namun untuk soal fasilitas tak kalah dari pantai-pantai yang lain yang ada di Kep. Bangka.  Nah, berikut ini beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pantai ini.

  1. Lahan parkir
  2. Kamar kecil
  3. Restoran
  4. Penyewaan jetski
  5. Penyewaan banana boat
  6. Mushola
  7. AVI
  8. Tempat istirahat

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai ini adalah saat sore hari dimana matahari akan tenggelam. Rona mentari yang semburat kemerahan serta berpadu dengan deburan ombak menciptakan suasana yang hangat dan romantis. Pantai ini juga sangat cocok untuk Anda datangi bersama keluarga, sahabat maupun pasangan tercinta.

Untuk harga masuk ke pantai ini hanya berkisar antara Rp. 5000,- hingga Rp.10.000 saja. Harga yang tergolong cukup murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Tikus jangan lupa untuk menggunakan Belitung Cantik sebagai teman wisata. Kami merupakan agen perjalanan wisata yang banyak memberikan paket wisata menarik di seluruh wilayah Bangka Belitung. Segera kunjungi Website kami di www.pakettourbelitung.net untuk informasi lebih lanjut.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *